Satgas Saber Pungli Dikukuhkan

Satgas Saber Pungli Dikukuhkan

05 Januari 20170

Praktik pengutan liar yang kini menjadi isu secara nasional kini menjadi perhatian. Saking pentingnya pemberantasan pungutan liar ini maka Presiden RI, Joko Widodo pada bulan Oktober kemarin telah mengeluarkan Perpres nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar. Hal ini

sebagai jawaban alternatif untuk mencegah berkembangnya pungutan liar di berbagai sektor organisasi perangkat daerah dan institusi lainnya yang melakukan pelayanan publik. Untuk mendukung upaya tersebut maka Pemda Boalemo melalui pelaksana tugas Bupati Adrian Lahay kemarin mengukuhkan satuan tugas sapu bersih pungutan liar tingkat Kabupaten Boalemo yang dirangkaikan dengan sosialisasi pembinaan pencegahan dini tindak pidana korupsi bertempat dipendopo Kantor Bupati Boalemo kemarin. (29/12). Kepala Bagian Hukum Ridwan Hemeto menyampaikan satgas saber pungli berfungsi sebagai intelejen daerah, kemudian melakukan pencegahan dan penindakan serta sebagai yustisi. Satgas yang dipimpin di ketuai oleh Wakapolres Boalemo tersebut berwewenang membangun system pencegahan dan pemberantasan pungutan liar kemudian melakukan pengumpulan data dan informasi dari pemerintah daerah dan pihak lain yang terkait dengan menggunakan teknologi informasi serta mengkoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar.

Disamping itu satgas ini berwewenang untuk melakukan operasi tangkap tangan dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk memberikan sanksi kepada pelaku pengutan liar sesuai ketentuan perundang-undangan. Sementara Plt Bupati Boalemo Adrian Lahay menyampaikan apresiasinya atas terbentuknya satgas saber pungli Kabupaten Boalemo. Saber pungli merupakan salah satu agenda yang tertuang dalam program Nawacita Presiden Joko Widodo yang arahnya adalah penegakan hokum. Keanggotaa satgas saber pungli tersebut  terdiri dari unsur Polri, TNI, Kejaksaan serta Pemerintah daerah. Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan SKPD serta aparatur pemerintah daerah. (Nugie Humas)

Pemkab Boalemo

Humas Kabupaten Boalemo - Gorontalo

0 Comments on "Satgas Saber Pungli Dikukuhkan "

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *