Visi dan Misi

Visi :

“Terwujudnya Boalemo sebagai Kabupaten Produktif dan Mandiri”

 

 

 

Penjelasan dari visi ini diuraikan sebagai berikut :

 

(a)    Boalemo sebagai Kabupaten Produktif

Nilai ini mengandung arti suatu kondisi dimana seluruh potensi sumberdaya yang dimiliki mampu dioptimalkan apabila diklelola secara baik dan benar dalam upaya menghasilkan produk pembangunan daerah yang berkualitas yang tetap memperhatikan aspek berkelanjutan. Untuk merealisasikan visi tersebut, pemerintah daerah dan  seluruh masyarakat akan menggerakan energinya dalam melakukan ekonomisasi terutama sektor pertanian dan perikanan kelautan dengan memperhatikan faktor dominan seperti komoditas unggulan, permintaan pasar, dukungan industri, pola usaha, jaringan dan kelembagaan usaha serta manajemen  permodalan.

 

(b)    Boalemo sebagai Kabupaten  Mandiri

Mengandung arti suatu kondisi dimana kebutuhannya terpenuhi, mampu mengambil keputusan dan tindakan dalam penanganan masalahnya, mampu merespon dan berkontribusi terhadap upaya pembangunan dan tantangan zaman secara otonom dengan mengandalkan potensi dan sumberdaya yang dimiliki. Untuk mewujudkan visi ini, pemerintah daerah akan berupaya agar tidak terlalu bergantung pada pemerintah pusat, sementara masyarakat sudah tidak bergantung sepenuhnya kepada pemerintah daerah dalam menyelesaikan masalah dan permasalahannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya.

 

Misi

Untuk mewujudkan Visi di atas, maka pemerintah daerah akan melaksanakan Misi sebagai berikut :

 

 

“Membangun Masyarakat Boalemo yang Cerdas, Berkualitas dan Sejahtera”

 

 

Penjelasan Misi tersebut  diuraikan sebagai berikut :

(a)   Membangun Masyarakat Boalemo yang Cerdas

Artinya suatu upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia agar menjadi manusia berilmu pengetahuan, menguasai teknologi dan informasi, sehat jasmani dengan dasar keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

(b)   Membangun Masyarakat Boalemo yang Berkualitas

Artinya suatu upaya pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan mutu pelayanan secara efektif dan efisien berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, demokrasi, adil dan penegakan supremasi hukum melalui pengembangan pola kemitraan antara pihak pemerintah daerah, DPRD, penegak hukum dan masyarakat untuk kemajuan daerah.

 

(c)   Membangun Masyarakat Boalemo yang Sejahtera

Artinya suatu upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengoptimalkan potensi sumber daya alam dan sumber daya teknologi (buatan) guna memenuhi kebutuhan masyarakat Boalemo secara lahir dan batin. Dalam konteks ini, pemerintah daerah melakukan pengembangan ekonomi produktif, pembangunan infrastruktur yang merata, dan peningkatan iklim investasi yang kondusif menuju Boalemo yang produktif dan mandiri.